Blog

Bersihkan komputermu!

Hi guys!

Pada hari minggu kemarin, waktunya bersih – bersih komputer. (31 Juli 2012) Bukan bersih – bersih dengan program CCClener atau semacamnya. Tapi hal arti sebenarnya, yaitu membersih dari debu yang menempel. Sudah sekitar 2 tahun komputer ini belum pernah di bersihkan, sejak pertama kali merakit. Pembesihan hanya di blower aja, dan di kuas tanpa melepas kompeonen. Oke langsung aja kita mulai bersih – bersih komputer. Sebelumnya kita persiapkan peralatannya.

Peralatan Dasar

Peralatan Dasar yang dibutuhkan.

peralatan-dasar

  • Obeng : disini pake obeng bintang
  • Kuas : kuas ini yang besar, biasa buat cat, tapi khusus bersih – bersih, jangan campur buat cat
  • Blower : biasa buat mengisi udara pada tempat tidur udara, bisa di beli di Ace hardaware sekitar 200rb
  • Pelumas : bisa di beli di bentel atau supermarket.
  • Pasta : pakai punya deepcool, kenapa deepcool soalnya harga cukupan 35rb

tempat-mor

Eit jangan lupa, tempa menaruh mur dan bautnya, agar tidak tercecer

Jadi sebelum memulai bersih – bersih komputer, peralatan wajib di siapkan terlebih dahulu. Kita lihat dulu komputernya.

pasien

Setelah kita lihat pasiennya, sekarang kita liat pasien lebih dekat lagi.

kotor1

kotor2

Kita lihat ya, keadaan sudah sangat kotor, penuh debu, sulit dibersihkan tanpa melepas spare partnya. Oke sekarang lepas semua spare parenya. Tapi ada beberapa spare part yang yang gak dilepas, seperti HDD dan kabel – kabel fornt panel seperti kabel power dan reset. Soalnya kalo dilepas nanti memperpanjang waktu bersih – bersih.

ditelanjangi

Ini keadaan mobo ditelanjangi, kita lihat kotor-an debu banyak yang menempel, sangat sulit membersihkan tanpa lepaskan sparepart – sparepart

Kita lihat keadaan heatsink prosesor .

coller-kotor

coller-close

Sekarang kita juga lihat keadaan VGA.

vga-kotor

kotor-coller-vga-kipas

Clean up your Kompie

Spare – part sudah dilepas semua, waktunya bersih – bersih, untuk melepas debu kotoran di vga card dan mobo menggunakan blower dan kuas. Untuk heatsink vga dan prosesor, bisa dicuci pakai air, kemudian dikeringkan.

vga-diblower

dibersihkan-pake-kuas

Untuk Kipas, dalamnya disemprot dengan pelumas yang banyak agar kotoran yang ada keluar semua. Waktu semprot harus jauh dari sparepart lainnya loh. Setelah itu keringkan dengan tissue.
kipas-dalam-disemprot

Spare part keadaan bersih

komponen-sudah-clean-semua

Setelah semua bersih, dan keadaan heatsink yang dicuci pakai air harus 100% kering.

clean-vga

dikasih-pasta-baru

Setelah semua bersih, Prosesor dan chipset di vga maupun mobo di beri pasta. Untuk VGA diberi perekat baru untuk menempelkan heatsink.

pasta-vga-plus-perekat-heatsink

heatsink-ditempel

Pemasangan kembali

sudah-dipasang-tapi-kabel-blm-ditata

Waktunya dipasang kembali semua spare part. Pasangnya harus bersabar, tidak bisa buru – buru dan harus hati – hati. Tidap lupa penataan kabel didalam casing juga sangat penting, jangan sampai menggangu sirkulasi udara.

kabel-ditata

Testing Kompienya

saat-nyala

Setelah semua dipasang, jangan langsung tutup casingnya. Tetapi testing dulu, apakah semua berjalan dengan baik. Pada waktu pemasangan pertama kali, tidak bisa keluar gambar, ternyata pemasangan kurang RAM pas, alias agak longgar. Jadi sebaiknya testing dulu, memastikan semua sudah normal. Setelah itu pasang casingnya semua.

siap-pakai

Testing Suhu

Setelah melakukan pembersihan dan pengantian pasta baru, suhu turun menjadi 44C, padahal sebelumnya sekitar 54C lumayan turun 10C.

suhu

Oke sekian dulu tutorial bersih – bersih komputer. Wajib dilakukan yah, minimal 1tahun sekali ( jangan seperti saya 2 tahun baru bongkar), untuk perawatan bulanan bisa dilakukan dengan blower aja, tanpa harus melepas semua. Untuk di kompie warnet dilakuan 2bulan sekali, karena pemakaian lebih intensif.

====================
Kalo lagi males, bongkar PC, pake bersih- bersih PC cara seperti dibawa ini.

hanya di bersihkan pakai kuas, dan di blower ajah. Tanpa bongkar semua, hanya lepas casing aja.

" data-url="http://nstudio-digital.com/2013/02/11/171/" data-width=640 data-height=480> Share Linkedin Pinterest Google+

Leave a Reply

X